Diskusi tentang Tasawwuf

Di grup yang saya ikuti di Facebook, sebagian admin dan member ada yang menganggap bahwa tasawwuf adalah sesat dan menyimpang. Ketika ada member yang menyatakan hal seperti itu, member yang lain tidak sependapat dengannya dan meminta pertanggung jawabannya, lalu dia membuat suatu post diskusi baru tentang tasawuf :

‎”Kalo tidak terima jawaban yg sesuai Qur’an dan Sunnah, cari saja grup liberal, tasawuf dsb.”

mohon mas agung nugroho pertanggung jawabkan kalimat terakhir itu. dari kalimatnya seolah tasawuf itu bukan ajaran islam. mohon tunjukkan kepada kami dimana letak kesesatan tasawuf. dan harap bisa fair dalam hal ini. jangan main hapus krn anda membuat group mengatas namakan muallaf tapi menyebarkan pemahaman wahabiah dan memupuk kebencian kepada golongan selain anda.

Unlike · · Unfollow Post · 5 hours ago

  • You and 4 others like this.
    • Dud-dee Al Amoudimohon jelaskan dimana ditemukan lafadz/kata fiqih dalam al qur’an

      5 hours ago · Unlike · 2
    • Dud-dee Al Amoudi

      karena kata tasawwuf tidak ada dalam al qur’an anda memfonis (ikut2an memfonis tepatnya) tasawuf sesat padahal anda sendiri tidak paham apa itu tasawuf?
      ini group muallaf, selama tidak bertentangan dengan qur’an dan sunnah maka biarkan orang berdakwah. mereka yang menentukan mana yang lebih masuk akal.
      jangan jadikan group sebagai media rebutan pengikut. krn islam itu satu, hanya pemahaman saja yang berbeda2. maka tidaklah benar kalau kita hanya memaksakan pemahaman kita sendiri kepada orang yang masih bingung.
      5 hours ago · Unlike · 2
    • Mualaf Indonesia mohon maaf, untuk pembukaan diskusi yang mengarah kepada perdebatan kusir dan beradu argumen tentang khilafiyah sudah saya larang dalam aturan grup, mohon kedewasaan mas dude agar memperhatikan aturan grup, jika antum sebagaimana yg ditulis diatas mengarahkan pembinaan mualaf, karena pembinaan mualaf tidak kami libatkan dalam perdebatan kusir atau khilafiyah

      mohon pengertiannya

      5 hours ago · Like
    • Marland Bd mohon kiranya Agung Nugrohojuga Dud-dee Al Amoudi membahas ini ditempat lain saje agar para mualaf tidak tambah bingung..tks

      5 hours ago · Like
    • Mualaf Indonesia mohon jika masih kurang puas, mas dude bisa inbox japri dengan mas Agung Nugroho, tafaddal

      5 hours ago · Like · 1
    • Agung NugrohoAbu Taqi Machicky Mayestino II, sudah membuat doc tentang tasawuf. Silakan merujuk pada penjelasan tersebut. Barokallohu fikum

      4 hours ago · Like
    • Muhammad IrwanMohon maaf pertanyaannya apakah nabi Muhammad SAW mengajarkan atau menyarankan tasawuf? klo ya lakukan , klo tidak tinggalkan.

      3 hours ago · Like · 3
    • Mualaf IndonesiaMuhammad Irwan: tepat, singkat dan padat untuk jawabannya🙂

      3 hours ago · Like
    • Hamdi Hudayaajaran tasawuf diturunkan disertai dg nasabnya. rata2 semua berhulu ke ali r.a bin abi thalib. ali r.a mengutip ajarannya dari Rasulullah s.a.w

      3 hours ago via mobile · Like
    • Raden Mas Xicun tasawuf sesat….!!
      Apa kata dunia….???

      2 hours ago via mobile · Like
    • Yusuf KsWah.. kalau tasawuf sesat, ulama besar seperti Ibrahim ibn Adham, Ma’ruf al-Karkhi, Hasan al-Basri, Rabia al-Adawiyya, Junaid ibn Muhammad, Abdul Qadir Jaiilani, Ahmad ar-Rafa’,i, Bayazid al- Bistam, Imam Al-Ghazali, dll berarti sesat jugakah?

      2 hours ago · Like
    • VeyronZee DheOrdinary Conspiractivejgn pda brantem donk @.@

      2 hours ago via mobile · Like
    • Agung Nugrohosiapa yg berantem?

      2 hours ago · Like
    • Irman Arie Wardhanamenurut saya tasawwuf itu cuma nama atau istilah… untuk menilai sesuatu itu benar atau salah dalam islam, kita harus menilainya apakah hujjahnya/ajarannya udah sesuai denganal qur’an dan as sunnah… kalau senilai/sejalan ga masalah tapi kalau bertentangan/berlebih2an ya jangan diikuti…

      2 hours ago · Like · 1
    • Agung Nugrohoseandainya “sesuatu” itu baik, maka Para Sahabat sudah mendahului kita mengamalkannya. Sebab mereka paling semangat mengamalkan kebaikan dan paling semangat untuk meraih surga. Adakah sahabat mengamalkannya?

      2 hours ago · Edited · Like · 1
    • VeyronZee DheOrdinary Conspiractive ayo shalat maghrib dlu
      Nnti lg brantem nya abis shalat

      2 hours ago via mobile · Like · 1
    • Aisha Aaminah

      Tasawuf adalah sebentuk hakekat memang layak dianalisis karena memiliki nilai2 kemuliaan, ttp hrs pula kita waspadai terutama yg bersumber dari orang2 India & Yunani yang memiliki keyakinan hulul (inkarnasi) dan wihdat al wujud (tuhan menyatu dgn manusia) begitu juga tasawuf yg serupa dgn kerahiban budha dan kristen yg zuhud dunia. tasawuf model ini tdk akan pernah sejalan dgn Islam, krn Islam itu ajaran untuk kemaslahatan dunia dan Akherat. Saya kira itu saja.
      2 hours ago · Like · 1
    • VeyronZee DheOrdinary Conspiractivesuda nnti lg brantemnya klo dah mao tidur

      2 hours ago via mobile · Like
    • Ujang Ahmad Tojiriyang mengatakan sesat seseorang itulah sesungguhnya yang sesat????????????????

      2 hours ago · Unlike · 1
    • Ujang Ahmad Tojiri tasauf arti luas adalah selalu ingat mati,,,ketika tidur,ketika jalan,ketika kerja,ketika makan,ketika sholat,ketika berduaan,ketika sujud,ketikadirumah,ketikadimasjid,ketika kelahi,ketika beersyukur,ketika bersaudara, semuanya adalah takut akan Allah dan ingat kepadaNya…….

      2 hours ago · Unlike · 2
    • Yusuf Ks

      Agung Nugroho : seandainya “sesuatu” itu baik, maka Para Sahabat sudah mendahului kita mengamalkannya. Sebab mereka paling semangat mengamalkan kebaikan dan paling semangat untuk meraih surga. Adakah sahabat mengamalkannya?

      Shahabat ga ada yang bayar zakat fithri pake beras, apakah bayar zakat fithri pake beras adalah bid’ah? haram?

      Shahabat ga ada yang shalat dengan patokan hisab, apakah shalat dengan patokan hisab adalah bid’ah? haram?

      2 hours ago · Like · 1
    • Irman Arie Wardhana

      ‎@Ujang Ahmad Tojiri kalau definisi tasawuf seperti ini malah sejalah sama islam.. jadi yang paling penting itu adalah substansi dari suatu ajaran itu sendiri apakah sesuai dengan Al qur’an dan as sunnah atau tidak, bukan penamaan atau isti…See More
      2 hours ago · Like · 1
    • Bagoes Setiawan Adakah yg tau tentang 313 sahabat nabi yg diberi gelar
      ashhabussuffah ??

      2 hours ago via mobile · Like
    • Bagoes Setiawan Adakah yg tau tentang 313 sahabat nabi yg diberi gelar
      ashhabussuffah ??

      2 hours ago via mobile · Like
    • Agung Nugroho

      Saya, pamit dulu ya, penjelasan di doc Abu Taqi Machicky Mayestino II sudah lebih dari cukup. Nggak masalah antum tidak sependapat. Itu hak anda masing2. Nggak perlu kita debat disini. FYI, bukan saya yg memulai tread ini. Saya berlepas diri dari segala fitnah yg timbul disini. Besok saya cuti 2 hari, di rumah gak ada internet. Kenapa sih pada senang debat? Kan kita boleh beda pendapat, pemahaman, dsb asal tetap rukun dan saling berkasih sayang. Wassalamu ‘alaikum wr.wb.
      2 hours ago · Like
    • Irman Arie Wardhanawah banyak… 313 shahabat.. kalau mau disebutkan satu2 panjang… hehehehehe

      2 hours ago · Like
    • Ujang Ahmad Tojirikalau ini pitnah pak admin delet aja treradnya…ga ada maslahat bagi semuanya…..tasauf itu hanya istilah aja INTI NYA ADALAH TAKUT SAMA ALLAH SWT. salam untuk semunya……

    • Bagoes SetiawanGak usah disebutkan tp dikaji kenapa disebut demikian…

    • Yusuf KsWah mas Agung ini bagaimana, masa’ tidak mau mempertanggung jawabkan pernyataannya sendiri. Apa karena boleh beda pendapat lantas itu artinya dibolehkan merasa paling benar sendiri lalu menyesatkan kelompok lain?

      about an hour ago · Like · 2
    • Yusuf Ks

      Irman Arie Wardhana : Betul, memang butuh pemahaman fiqih. Tapi pernyataan saya tersebut dipicu dari pernyataan mas Agung. Oleh karena itu saya ingin menanyakan hal tersebut, umumnya yang berpendapat seperti itu (seandainya “sesuatu” itu baik, maka Para Sahabat sudah mendahului kita mengamalkannya), khususnya untuk mas Agung. Tapi yaa sayang sekali hal tersebut tidak ditanggapi oleh mas Agung, malah langsung pamit dari diskusi ini. Mana pertanggung jawabannya😀 ?
    • Agung Nugroho

      ‎”Kalo tidak terima jawaban yg sesuai Qur’an dan Sunnah, cari saja grup liberal, tasawuf dsb.”

      Saya cuma bilang ini, saya nggak bilang yg lain2. Abu Taqi Machicky Mayestino II menjawab dgn Dalil Qur’an dan Sunnah, lalu ada pihak yg tidak puas dan masih “ngeyel” dan butuh jawaban yg diluar itu, maka saya sarankan cari jawaban di tempat lain, sebab disini semuanya berpegang pada Al-Qur’an dan Sunnah. Udah saya pulang dulu ya…

    • Yusuf KsHehehe, jawaban mas Agung tersebut masih belum menjawab pertanyaan saya😀

    • Agung Nugroho

      Yusuf Ks, sudah berkali2 saya ajak antum diskusi 4 mata dengan saya, tapi antum lebih suka mempertontonkan perdebatan. Dari awal saya tidak suka dgn tread yg mengarah pada perdebatan, dan saya ingin tread ini dihapus, tapi admin berpandapat lain. Jadi silakan antum teruskan. Atau inbox saya. kita diskusi berdua saja. Jadi bebas fitnah. Tidak mempermalukan pihak yg kalah debat, dan tidak membuat bingung Mualaf. Berkali2 saya minta antum menahan diri, dan saya juga sudah berusaha menahan diri. Saya pulang dulu, kangen sama anak2 di rumah…
    • Yusuf Ks

      Saya juga dulu sudah jawab : Karena tidak mungkin melanjutkan di grup ini bagaimana jika kita melanjutkannya di tempat lain, misalnya sudah saya sediakan tempatnya di blog : https://diskusiagamaislam.wordpress.com/2012/07/13/diskusi-tentang-…See More

      diskusiagamaislam.wordpress.com

          ==== Yusuf Ks Baik, saya mau tanya : Dalam peraturan disebutkan bahwa “1. Gr…See More
      about an hour ago · Like ·
    • Irman Arie Wardhanaya udah ini lebih baik… ga usah berdebat yang menjurus pada perselisihan… sesama muslim lebih baik saling mengingatkan kepada kebaikan dengan baik…. kalau kurang puas emang lebih baik saling japri, daripada trhead panjang ga karu2an…🙂

      about an hour ago · Like · 1
    • Aisha Aaminah

      Tasawuf yang benar yg berlandaskan iman, islam dan ihsan karena besarnya kecintaan kpd Allah, akan menjadikan kita ikhlas kpd Allah. Tasawuf model ini tentunya boleh saja kita pelajari krn akan menjdkan makrifat yg hy sekedar teori & membuat kewajiban syariat terasa manis, mbuat pelakunya cinta keimanan, merasakan indahnya iman di hati, & benci thdp kekafiran “mrk itu yg diberi nikmat Allah” (QS.49:7-8) org yg dikehendaki Allah mjd baik mk Allah akan membuat pemahamannya bertumpu pd kebenaran…
    • Hamdi Hudaya gak mau ikut2an mnghujat ahhh..
      ilmu ane masih cetek sih.😉

    • Gèmà Akhirul Akbaryang penting quran dan hadist.

    • Ujang Ahmad Tojiritetap masuk surga ko mas ,tante, selama dalam hatinya ada IMAN Kepada Allah swt…cuman beda perjalannya aja ..ada yang ke london dulu ada yang ke mesir dulu ada yang ke singapore dulu tapinkalau kalau kiblat tetap ka’bah kan selama masih di dunia sih..wallllahualam..

Begitulah pernyataan tentang sesatnya tasawuf yang dinyatakan dari member bernama Agung Nugroho (sebelumnya dia juga pernah berpendapat “Alloh ada di mana2 adalah salah satunya keyakinan kaum Sufi dgn pemahaman tasawufnya yg menyimpang dari nash2 Al-Qur’an dan Hadist Shahih”), ketika diminta pertanggung jawabannya oleh member bernama Dud-dee Al Amoudi, Agung tidak dapat mempertanggung jawabkannya. Tanggapan yang dinyatakan Agung selanjutnya hanyalah jawaban ga nyambung. Bahkan ketika saya juga ikut minta pertanggung jawaban kepada Agung, dia tetap tidak mempertanggung jawabkannya, bahkan berusaha mengalihkan pembahasan dengan menyatakan “sudah berkali2 saya ajak antum diskusi 4 mata dengan saya, tapi antum lebih suka mempertontonkan perdebatan. Dari awal saya tidak suka dgn tread yg mengarah pada perdebatan, dan saya ingin tread ini dihapus, tapi admin berpandapat lain. Jadi silakan antum teruskan. Atau inbox saya. kita diskusi berdua saja. Jadi bebas fitnah. Tidak mempermalukan pihak yg kalah debat, dan tidak membuat bingung Mualaf. Berkali2 saya minta antum menahan diri, dan saya juga sudah berusaha menahan diri. Saya pulang dulu, kangen sama anak2 di rumah…”

Padahal Agung baru mengajak saya satu kali (bukan beberapa kali), itupun dia mengajak saya diskusi dengan ustadznya, bukan empat mata dengan dirinya. Selengkapnya ada di https://diskusiagamaislam.wordpress.com/2012/07/13/diskusi-tentang-hal-berkaitan-dengan-kembali-kepada-salafus-shalih/. Oleh karena itu, saya cukup menjawabnya dengan copas jawaban saya yang dahulu : “Saya juga dulu sudah jawab : Karena tidak mungkin melanjutkan di grup ini bagaimana jika kita melanjutkannya di tempat lain, misalnya sudah saya sediakan tempatnya di blog : https://diskusiagamaislam.wordpress.com/2012/07/13/diskusi-tentang-hal-berkaitan-dengan-kembali-kepada-salafus-shalih/
Jika ada yang mau menjawab via PM pun silakan, saya tunggu, walau saya lebih suka diskusi di blog supaya manfaatnya bisa dirasakan oleh orang banyak.”

Dan setelah saya menjawab hal tersebut, sampai saat ini tetap tidak ada tanggapan balik dari Agung, entah dia mengirim pertanggung jawabannya via inbox / private message, atau diskusi di blog saya. Tapi saya tidak begitu kaget, karena orang seperti dia sudah sering saya temui di dunia maya, orang-orang yang berani menyesatkan kelompok lain, tapi ketika dibantah dan diminta pertanggungjawaban, dia tidak dapat menjawab.

Lalu pendapat saya tentang Tasawuf, sedikit saya singgung di komentar #4 di https://diskusiagamaislam.wordpress.com/2012/07/13/diskusi-tentang-hal-berkaitan-dengan-kembali-kepada-salafus-shalih/ :

Tasawuf, maka istilah itu memang baru tapi munculnya tidak lain sebagai usaha menyucikan jiwa dari segala penyakit yang melekat dalam jiwa seperti hasad, takabur, cinta dunia, dll, serta sebagai upaya untuk menggapai cinta Allah, ridha, tawakkal, dan ikhlas kepada-Nya.

Tentang tarekat, suluk, dan berbagai macam amalan yang ada pada tasawuf, maka semuanya tergantung niat/tujuan dan isi amalan yang ada pada suatu tarekat / suluk. Jika niatnya kembali kepada Allah, tentu itu adalah baik. Jika amalan yang ada di dalamnya merupakan amalan kebaikan apalagi sejalan dengan hukum-hukum syariat Islam yang bersumber dari Kitabullah dan Sunnah Rasulullah serta apa yang sudah menjadi kesepakatan para ulama, maka tentu itu juga baik. Sebaliknya, jika amalan itu merupakan amalan yang dilarang syariat, yang bertentangan dengan hukum-hukum syariat yang sudah sharih (jelas) dan paten, yang para ulama sudah sepakat tentang kebatilannya, maka hal itu bisa menjadi tidak baik.

Dan ada juga yang berisi amalan yang sifatnya ijtihadiyah / khilafiyah (misalnya : dzikir berjamaah pada waktu tertentu dengan bacaan tertentu, dll). Untuk yang ini selama hal tersebut merupakan kebenaran yang diyakininya (dalam contoh dzikir berjamaah pada waktu tertentu dengan bacaan tertentu dalil yang dipakai adalah dalil umum surat Ali Imran : 191), maka silakan menjalaninya, insya Allah itu adalah kebaikan. Dan tidak boleh dalam masalah ini satu pihak menyalahkan/menyesatkan, apalagi sampai membid’ahkan / mengkafirkan, karena sifat menyesatkan kelompok lain dalam masalah ijtihadiyah adalah perkara yang tidak dibenarkan dalam ajaran Islam.

Bagi yang ingin meneruskan diskusi tentang tasawuf, jangan ragu untuk meninggalkan komentar Anda😉

  1. #1 by Nasrul WRF on Juli 19, 2012 - 10:55 am

    makasih bang atas review nya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: