Diskusi “Di mana Allah?”

Diskusi tentang “Di mana Allah?”

Assalamu’alaikum kakak-2 admin dll…

saya mau tanya…maaf kalo pertanyaan spt anak keci,..

sebenarnya Allah swt di mana sih ?? mohon penjelasannya…

Unlike · · Unfollow Post · 7 hours ago

  • You, Pecinta Mualaf and 2 others like this.
    • Cinok Ayu Wardhani DuaKata ” DI ” itu sebuah penunjukan, maka penyandinganya berkenaan dg DIA bukanlah kelayakan.

      7 hours ago via mobile · Like · 3
    • Pecinta Mualafmohon penjelasannya mbak…

      7 hours ago · Like · 1
    • Hamdi HudayaEman knp om? Mau kesana?😉

      6 hours ago via mobile · Like · 1
    • Pecinta Mualafyaaah saya tanya bang…

      6 hours ago · Like
    • Hamdi Hudaya Oh gitu..
      Sblm saya jawab, saya mau tanya. Cahaya itu ada dimana ya?

      6 hours ago via mobile · Like
    • Pecinta Mualafsetau sy ada dimana-2 bang…

      6 hours ago · Like
    • Pecinta Mualafcahaya meliputi kita yah? aduh bang jgn pake logika gitu ah, sy jd tambah bingung nih

      6 hours ago · Like
    • Hamdi Hudaya lho knp jgn pake logika?
      QS 10:100 ditekankan ttg akal/logika dlm beragama. justru kl beragama gak pake akal, akan di azab Allah.. itu mnurut QS 10:100 lhoo..😉

      6 hours ago via mobile · Like · 1
    • Abu Taqi Machicky Mayestino II Wa’alaikumussalaam. Pak/bu Pecinta Mualaf…🙂 … Carilah tentang ini, di dokumen grup ini, tentang Syarah ‘Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah.

      6 hours ago · Like · 1
    • Abu Taqi Machicky Mayestino II Saya salinkan sedikit detailnya: sifat al ‘uluw (ketinggian) bagi allah DI LANGIT
      Dasar:
      QS Al Mulk ayat 16
      QS Al Nahl ayat 50
      QS Al A’laa ayat 1
      QS Faathir ayat 10
      Hadits-hadits
      QS An Najm ayat 3-4

      6 hours ago · Like · 2
    • Abu Taqi Machicky Mayestino II ‘ARSY (singgasana allah)
      Dasar:
      QS Al Mu’minuun 116
      QS Al Buruuj 15
      QS Al Baqarah 255 (ayatul Kursy)
      QS Faathir ayat 10
      Hadits-hadits

      6 hours ago · Like · 1
    • Abu Taqi Machicky Mayestino II sifat al ‘uluw (ketinggian) bagi allah DI LANGIT
      Dasar:
      QS Al A’raaf 54
      QS Thahaa 5
      Hadits-hadits

      6 hours ago · Like · 1
    • Abu Taqi Machicky Mayestino II Dan JUGA bersama dengan makhlukNya: Ma’iyyah
      Dasar:
      QS Al Mujaadilah 7
      Yang khusus: QS An Nahl 128
      Yang Umum: QS Al Hadiid 4
      QS AL Baqarah 186
      Hadits-hadits

      6 hours ago · Like · 1
    • Ari Mochamaddekat, bahkn lbh dkt dr urat lhrmu sdr

      6 hours ago via mobile · Like
    • Yusuf Ks Imam Abu Hanifah berkata dalam Fiqh al-Absath :
      كان الله تعالى و لا مكان , كان قبل أن يخلق الخلق كان و لم يكن أين ولا خلق ولا شيئ , وهو خالق كل شيئ
      “Allah Ta’ala ada tanpa permulaan dan tanpa tempat, Dia ada sebelum menciptakan makhluk, Dia ada sebelum ada tempat, sebelum segala ciptaan, sebelum segala sesuatu, dan Dialah yang menciptakan segala sesuatu.”

      6 hours ago · Like · 3
    • Ujang Ahmad Tojiricoba gini aja akhi cubit tangan akhi kelihatan tidak sakitnya di cubit,,,

      5 hours ago · Like
    • Pecinta Mualafbang ujang…jadi merah tangan ane bang…gimana dong, kalo penjelasan spt bang yusuf boleh tuh…kalo spt bang abu taqi, jadi menurut bang taqi gmana dong? kalo kasih nama-2 surat dan ayatnya aja, sy jd bengong nih…

      5 hours ago · Like
    • Agung Nugrohosesuai dengan dalil2 dalam Al-Qur’an, maka zat Alloh itu bersemayam (beristiwa) di atas Arsy. DI LANGIT. Ini adalah aqidah/keyakinan yg datang Nabi SAW, sahabat, tabi’in, dan tabiut’tabi’in. Sedangkan yg dekat dengan kita adalah bukan zat (diri) Alloh, tapi ilmunya, pengawasannya, pendengarannya, pengetahuannya, dsb yg meliputi segala sesuatu.

      5 hours ago · Like
    • Agung NugrohoMengenai pendapat bahwa ZAt (diri) Alloh ada di mana2 ini bukan pendapat yg berdasarkan dalil sahih dan bukan merupakan pemahaman Nabi dan Sahabat. Dan bukan menjadi pendapat Ahlu Sunnah Wal Jama’ah. YG berkeyakinan (zat/diri) Alloh ada di mana2 adalah salah satunya keyakinan kaum Sufi dgn pemahaman tasawufnya yg menyimpang dari nash2 Al-Qur’an dan Hadist Shahih.

      5 hours ago · Like
    • Ujang Ahmad Tojiri‎@pencinta Mualaf pelajari aja sifat Allah yang 99 dan di bagi jadi 20 dan di bagi lagi jadi 4 bagian seterlah itu di pelajari baru antum kana tau di mana itu Allah SWT..wallahualam..

      5 hours ago · Like
    • Agung NugrohoPara sufi ini bahkan mengatakan Alloh SWT ada di WC ada di batu, ada di pohon, berhala, patung dan bahkan ada di Anjing dan babi. Ini pemahaman yg menyimpang dan membawa pada kekeliruan dan kesesatan. Naudzubillah

      5 hours ago · Like
    • Pecinta Mualafbang agung…kalo kita sholat kan menghadap ka’bah yah? dimanapun kita berada, nah menghadap ka’bah maksudnya gimana? apa Allah swt ada di ka’bah? terus sy pernah baca ayat Qur’an kalo ga salah : ”Sujudlah dan mendekatlah” (Qs. Al-alaq : 19 ), kemudian hadits Nabi saw kalo ga salah waktu sholat jgn membuang ludah ke depan krn Allah swt dihadapan kita….maaf ga bs detil krn lupa-2 inget

      5 hours ago · Like · 1
    • Ujang Ahmad Tojirimengenai ada Allah dimana kita harus berhati hati dalam penafsirannya..ini menyangkut akidah.@ mas Agung…maaf mungkin para sufi itu menjelaskannya belum tuntas..baru bersifat wujud nya aja coba pelajari semua isi alquran dan cari tafsirnya juga jangan artinya aja karna setiap makna ada maknanya lagi Mas…wallahualam

      5 hours ago · Like
    • Pecinta Mualaf

      usuf Ks Imam Abu Hanifah berkata dalam Fiqh al-Absath :
      كان الله تعالى و لا مكان , كان قبل أن يخلق الخلق كان و لم يكن أين ولا خلق ولا شيئ , وهو خالق كل شيئ
      “Allah Ta’ala ada tanpa permulaan dan tanpa tempat, Dia ada sebelum menciptakan makhluk, Dia ada sebelum ada tempat, sebelum segala ciptaan, sebelum segala sesuatu, dan Dialah yang menciptakan segala sesuatu.”
      47 minutes ago · Unlike · 2 ===>>> bang Agung Nugroho …bang yusuf KS menukil perkataan ulama di atas, yg ane pahami di situ Allah swt tidak di mana-2….. Allah swt ada tanpa permulaan dan tanpa tempat…bukan di mana-2
      5 hours ago · Like
    • Pecinta Mualaf Agung Nugroho Para sufi ini bahkan mengatakan Alloh SWT ada di WC ada di batu, ada di pohon, berhala, patung dan bahkan ada di Anjing dan babi. Ini pemahaman yg menyimpang dan membawa pada kekeliruan dan kesesatan. Naudzubillah
      5 minutes ago · Like ====>>> bisa dikasih perkataan tsb ada di mana? dlm kitab apa? siapa yg berkata ttg hal tsb?

      5 hours ago · Like · 1
    • Agung NugrohoMengenai sholat menghadap Ka’bah ini adalah perintah/syari’at, tidak ada hubungannya dengan Alloh ada dimana. Dulu pernah sholat itu diperintahkan menghadap ke masjidil Aqso di palestin.

      5 hours ago · Like
    • Abu Taqi Machicky Mayestino II Akhi Agung Nugrohobenar … Dan dalam keadaan tertentu, sholat dapat tak usah menghadap Kiblat … Dan ini ada dicontohkan Rosululloh shollollohu ‘alaihi wasallam … Misalnya, saat di atas kendaraan/tunggangan, dalam keadaan takut, dsb … Dan saat beberapa tahun lalu, ada astronot Muslim yang mengorbit Bumi … Apakah ia perlu menghadap Kiblat … ?

      5 hours ago · Like · 1
    • Pecinta Mualaf bang abu…baik kalo bgitu, terus keberadaan Allah swt spt bang abu dan bang agung pahami, kok jadi bertentangan dg yg bang Yusuf Ksnukilkan dr perkataan ulama & ayat serta hadits yg sy sampaikan sebelumnya ?

      5 hours ago · Like
    • Pecinta Mualafkalo ayat-2 yg bang abu tampilkan td, penjelasan ulama-2 sebelumnya gimana yah?

      5 hours ago · Like
    • Dud-dee Al AmoudiAllah ada tanpa tempat dan arah.

      5 hours ago · Like · 1
    • Dud-dee Al Amoudidimensi ruang dan waktu adalah ciptaan Allah, jadi Allah terbebas dari pertanyaan “DIMANA” Allah secara hakiki.

      4 hours ago · Edited · Like · 2
    • Agung NugrohoDud-dee Al Amoudi, itu adalah cara belajarnya orang filsafat. Bukan cara BerIslamnya Nabi SAW dan sahabat. Forum ini bukan forum filsafat. Kasihan Mualaf yg ingin belajar disini. malah dibikin bingung.

      4 hours ago · Like
    • Abu Taqi Machicky Mayestino II

      Begini, JELAS sekali di berbagai ayat itu dan DI HADIST2 yang MUTAWATTIR, bahwa Allah adalah Maha Tinggi (Allah Ta’aala), tinggi di langit … Dan Allah al Kabir (Yang Maha Besar) dan ini adalah salah satu Asmaul Husna … Rosululloh shollolohu ‘alaihi wasallam saat ditanyai, HAL YANG SAMA, DI MANA ALLAH, maka beliau MENUNJUK ke langit (atas) …🙂 … Dan INI JUSTRU membuktikan KEBENARAN ISLAM, karena baru sekitar 1300-1400 tahun kemudian kita yakin tahu, bahwa Bumi ini adalah BULAT, alias, jadi, Allah ada di seluruh atas kepala kita, makhluk yang di Bumi, tak peduli di bagian Bumi yang manapun! … Karena Bumi itu bulat …🙂 … Dan jelas, bahwa Bumi ini dan LANGIT kita ini (katakanlah Galaksi kita ini) aadalah amat sangat kecil sekali jika dibandingkan dengan seluruh alam raya, dan di atas langit, MEMANG masih ada langit lagi, di atas galaksi masih ada galaksi yang lebih besar …
      4 hours ago · Like · 1
    • Abu Taqi Machicky Mayestino II

      Saya tambahkan: AN NUZUL
      Dasar:
      Aneka Hadits.
      Misalnya: “Rabb kita Tabaraka wa Ta’aala, turun setiap malam ke langit dunia ketika tinggal sepertiga malam yang akhir seraya menyeru, “Siapa yang berdoa kepadaKu , maka Aku mengabulkan doanya, siapa yang meminta kepadaKu, maka Aku memberinya, dan siapa yang memohon ampunan kepadaKu, maka Aku mengampuninya.” (HR Bukhori no 7494, Muslim no 758 (168), at Tirmidzi no 3498, Abu Dawud no 1315, 4733, dan Ibnu Abi ‘Ashim dalam As Sunnah no 492 dan Ibnu Khuzaimah dalam kitab At Tauhiid I/280)
      4 hours ago · Edited · Like
    • Dud-dee Al Amoudi

      ini bukan filsafat mas.
      allah itu laisa kamislihi syai’un (tak ada sesuatu pun yang menyerupaiNya)
      segala sesuatu selain Allah adalah makhluk (diptaan). ini termasuk ruang dan waktu. maka mustahil Dzat Allah berada pada sesuatu yang ia ciptakan sendiri. hal ini akan menggiring kita ke pemahaman menyerupakan Allah dengan makhluk yang butuh tempat.
      haruskah kita menjawab fii as-samaa’ (di langit) seperti jawaban seorang budak ketika ditanya oleh rasulullah? jika ya, maka kita menanamkan faham itu kepada orang yang bertanya. lalu pertanyaan berikutnya akan muncul.. jika di langit, langit yang mana? sementara di lain ayat dikatakan Allahu ‘alal’arsy istawa. Allah bersemayam di atas arsy. di ayat lain dikatakan Allah itu lebih dekat dari urat nadi leher, ada juga yang mengatakan Allah itu meliputi semua makhluknya.
      bukankah mereka bertanya, dan kalau bingung itu adalah hal yang wajar. bingung berarti ada keinginan untuk tau lebih jauh atau minimal sempat mikir2. kalo ga ngerti tapi ga bingung juga artinya ga mau ambil pusing.
      bicara soal keberadaan Allah sebenarnya sesuatu yang sangat riskan untuk dibicarakan krn ini menyangkut akidah diamana sedikit saja kita salah memberi informasi, akibatnya bisa fatal.
      4 hours ago · Like · 1
    • Agung NugrohoDalam Islam semua perlu dalil yg sahih. Islam beda dgn agama2 lain yg asal bicara dan tidak butuh dalil dari Qur’an dan Hadist. Sudah jelas apa yg dikatakan Alloh dalam Qur’an, sudah jelas apa yg disampaikan NAbi SAW dalam hadist2nya. Tidak patut bagi seorang yg mengaku muslim mancari2 petunjuk selain dari 2 sumber tersebut.

      4 hours ago · Like
    • Abu Taqi Machicky Mayestino II Syaikh Dud-dee Al Amoudi… Saya sebagai Administrator, dan Moderaator grup ini, MENGINGATKAN bahwa Ahlus Sunnah wal Jama’ah, BERPEGANG kepada Al Quran dan As Sunnah … Dan cara2 tafsirnya SUDAH diterangkan pula di masa lalu. Maka peganglah ini.

      4 hours ago · Like
    • Abu Taqi Machicky Mayestino II

      APA ANEHNYA, bahwa Allah beristiwa’, bersingggasana, bertahta, di langit lantas tetap ma’iyyah (bersama) dengan SEMUA MAKHLUKNYA? Dan Beliau ada sebelum waktu yang dikenal manusia, ada? … Dan lain-lain? .. Dan ini ada di banyak sekali ayat Al Quran dan di Hadits? … Sebagaimana SEKARANG SAJA, orang tahu, bahwa Mainframe atau pusat internet ada di suatu tempat, namun jaringan Wi-fi, Blueetooth, VSAT, Satelitnya dll nya ada bersama semua orang?🙂 … Atau jaringan perusahaan Telekomunikasi dengan pusat di suatu tempat dan jaringan BTSnya yang menyebarkan jaringan?
      4 hours ago · Edited · Like · 3
    • Abu Taqi Machicky Mayestino IIDULU, Rosululloh shollollohu ‘alaihi wasallam dan SEMUA NABI, 124.000 Nabi dalam Islam, kemungkinan besar dianggap gila, oleh masyarakat dengan teknologi semua itu, jika tiba2 mendapatkan wahyu dari langit … Namun sekarang, kita semua, mudah sekali mendapatkan SMS bahkan gambar dan suara dari ujung dunia?🙂

      4 hours ago · Edited · Like · 1
    • Dud-dee Al Amoudi

      betul, smua butuh dalil.. dan dalil itu ada dua macam.. naqli dan aqli.
      kita tidak bisa serta merta mampu memahami hadits dan al qur’an (apalagi hanya melalui terjemahan) tanpa bimbingan orang2 yang berkompeten dan menguasai ilmu alat.
      adalah sesuatu yang sedikit tidak masuk akal kalau kita merasa mampu memahami islam berbekal Al qur’an dan hadits saja.
      islam itu tidak sulit, kita saja yang kadang membuatnya sulit dan kaku.

      dan soal ini:
      “Syaikh Dud-dee Al Amoudi … Saya sebagai Administrator, dan Moderaator grup ini, MENGINGATKAN bahwa Ahlus Sunnah wal Jama’ah, BERPEGANG kepada Al Quran dan As Sunnah … Dan cara2 tafsirnya SUDAH diterangkan pula di masa lalu. Maka peganglah ini.”

      mohon dihadirkan nash dimana ulama TERDAHULU yang menafsirkan tentang keberadaan Allah. karena setahu saya, ulama terdahulu sangat berhati2 dalam memberikan pemahaman tentang keberadaan Allah.

      4 hours ago · Like
    • Abu Taqi Machicky Mayestino II Banyak sekali … Dud-dee Al Amoudi… Silahkan browsing … Kalau antum memang Jama’ah, sebagaimana nama antum Al Amudi, berbesar hatilah, karena banyak ulama Sunni adalah dari kabilah Al Amudi.

      4 hours ago · Like
    • Pecinta MualafRosululloh shollolohu ‘alaihi wasallam saat ditanyai, HAL YANG SAMA, DI MANA ALLAH, maka beliau MENUNJUK ke langit (atas) …🙂 . ===>> bang abu ini hadits dimana ? lengkapnya bagaimana?

      4 hours ago · Like
    • Agung Nugroho الرَّحْمَنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَى

      Tuhan yang Maha Pemurah beristiwa di atas ‘Arasy. [Surah Taha: 5]

      4 hours ago · Like
    • Agung NugrohoAllah, Dialah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dalam enam masa, kemudian Dia beristiwa di atas ‘Arasy. [Surah al-Sajdah: 4]

      4 hours ago · Like
    • Pecinta Mualaf

      Agung Nugroho Dud-dee Al Amoudi, itu adalah cara belajarnya orang filsafat. Bukan cara BerIslamnya Nabi SAW dan sahabat. Forum ini bukan forum filsafat. Kasihan Mualaf yg ingin belajar disini. malah dibikin bingung.
      19 minutes ago · Like ===>> bang agung, setau sy perkataan bang dud-dee sama dg td bang
      Yusuf Ks Imam Abu Hanifah berkata dalam Fiqh al-Absath :
      كان الله تعالى و لا مكان , كان قبل أن يخلق الخلق كان و لم يكن أين ولا خلق ولا شيئ , وهو خالق كل شيئ
      “Allah Ta’ala ada tanpa permulaan dan tanpa tempat, Dia ada sebelum menciptakan makhluk, Dia ada sebelum ada tempat, sebelum segala ciptaan, sebelum segala sesuatu, dan Dialah yang menciptakan segala sesuatu.” ========================================== apa Abu Hanifah telah berfilsafat ??
      4 hours ago · Like
    • Abu Taqi Machicky Mayestino IIDI ANTARANYA HARAPLAH SUDI UNTUK MEMBACA:

      4 hours ago · Edited · Like
    • Pecinta Mualaf

      saya ulangi lagi komen sy :

      Pecinta Mualaf bang agung…kalo kita sholat kan menghadap ka’bah yah? dimanapun kita berada, nah menghadap ka’bah maksudnya gimana? apa Allah swt ada di ka’bah? terus sy pernah baca ayat Qur’an kalo ga salah : ”Sujudlah dan mendekatlah” (Qs. Al-alaq : 19 ), kemudian hadits Nabi saw kalo ga salah waktu sholat jgn membuang ludah ke depan krn Allah swt dihadapan kita….maaf ga bs detil krn lupa-2 inget
      48 minutes ago · Like · 1 =======>>> bisa dijeleaskan ??

      4 hours ago · Like
    • Pecinta Mualaf

      Abu Taqi Machicky Mayestino II Saya tambahkan: AN NUZUL
      Dasar:
      Aneka Hadits.
      Misalnya: “Rabb kita Tabaraka wa Ta’aala, turun setiap malam ke langit dunia ketika tinggal sepertiga malam yang akhir seraya menyeru, “Siapa yang berdoa kepadaKu , maka Aku mengabulkan doanya, siapa yang meminta kepadaKu, maka Aku memberinya, dan siapa yang memohon ampunan kepadaKu, maka Aku mengampuninya.” (HR Bukhori no 7494, Muslim no 758 (168), at Tirmidzi no 3498, Abu Dawud no 1315, 4733, dan Ibnu Abi ‘Ashim dalam As Sunnah no 492 dan Ibnu Khuzaimah dalam kitab At Tauhiid I/280)
      15 minutes ago · Edited · Like =====>>> penjelasan ulama-2 terdahulu spt ulama-2 mahzab nya gimana bang abu ??
      4 hours ago · Like
    • Pecinta Mualaf Agung Nugroho الرَّحْمَنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَى

      Tuhan yang Maha Pemurah beristiwa di atas ‘Arasy. [Surah Taha: 5]
      7 minutes ago · Like ====>>>

      4 hours ago · Like
    • Abu Taqi Machicky Mayestino IIPecinta Mualaf dan Dud-dee Al AmoudiSILAHKAN MEMBACA ITU SEMUA SUDAH JELAS SEKALI DARI EMPAT IMAM MADZHAB. Jika diteruskan, maka thread ini akan KAMI TUTUP. Tetap dengan hormat, dan ingatlah, ini adalah forum Mualaf. Jazakumullohu khoiron (semoga Allah membalas kalian semua yang saya hormati dengan kebaikan) …🙂

      4 hours ago · Like · 2
    • Pecinta Mualafpenjelasan ulama-2 terdahulunya gimana??

      4 hours ago · Like
    • Abu Taqi Machicky Mayestino II

      SEKALI LAGI. DAN TERAKHIR: Pecinta Mualaf dan Dud-dee Al Amoudi SILAHKAN MEMBACA ITU SEMUA SUDAH JELAS SEKALI DARI EMPAT IMAM MADZHAB. Jika diteruskan, maka thread ini akan KAMI TUTUP. Tetap dengan hormat …🙂 … Saya tambahi: http://buletin.muslim.or.id/aqidah/tahukah-kamu-di-manakah-allah … Dan ingatlah, ini adalah forum Mualaf. Jazakumullohu khoiron (semoga Allah membalas kalian semua yang saya hormati dengan kebaikan) …🙂

      buletin.muslim.or.id

      Ada sebuah pertanyaan penting yang cukup mendasar bagi setiap kaum muslimin yang…See More
      4 hours ago · Edited · Like
    • Abu Taqi Machicky Mayestino II Dengan BANYAK SEKALI SUMBER ILMU di atas, di aneka Link itu di atas, dengan sumber2 shohih, teruji, maka dengan ini pula, Thread ini kami tutup. Muatan berikutnya dalam thread ini AKAN KAMI HAPUS.🙂 Harap para Admin lain ikut mengawasi. Mungkin bu Iesye Martini Sastrawiragena Arif Wibisono Sherylin Freesia Kliztnova Mualaf Indonesia Wisnu Aria Wardanadan lain-lain …🙂

      4 hours ago · Like

Begitulah diskusi tersebut, dan seperti biasanya, belum selesai diskusi tentang hal ini sang admin grup dengan sesuka hatinya menutup diskusi tersebut, yang beberapa waktu kemudian post diskusi tersebut dihapus.

Saya sendiri memiliki keterbatasan waktu online, karena kesibukan di kantor (saat hari kerja), jadi saya tidak bisa menanggapi komentar dalam diskusi dunia maya dengan cepat. Di antara yang ingin saya diskusikan adalah abu taqi membawakan link yang berisikan klaim bahwa empat imam madzhab sepakat menyatakan Allah berada di atas langit, Allah bersemayam di Arsy. Pertanyaan saya adalah : Apakah benar seperti itu? Sebagai contoh imam Abu Hanifah di kitab yang Fiqh al-Absath (yang sudah saya sebutkan di komentar ketika diskusi) menyatakan bahwa Allah ada tanpa tempat, dan ini bertentangan dengan pernyataan Imam Abu Hanifah di Fiqh Akbar. Apakah Imam Abu Hanifah memiliki dua pendapat? Apakah ada satu pendapat yang lama dan satu yang baru?

Dan masih ada lagi yang sebenarnya ingin saya diskusikan. Jika Anda ingin melanjutkan diskusi mengenai tema ini, silakan langsung memberikan komentar di kolom yang sudah disediakan🙂

  1. #1 by Nasrul WRF on Juli 19, 2012 - 11:19 am

    super sekali review nya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: